Blogger templates

Pages

Senin, 20 Juni 2011

penemuan apple

Penemu Apple E-mail
Written by Administrator   
Monday, 30 May 2011 15:40

Penemu Apple


 
Mungkin Anda pernah mendengar produk-produk dari apple. Kebanyakan produk-produk dari Apple sangat terkenal di dunia dari iPod, iPhone sampai iPad. 
Apple adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer.
Penemu Apple adalah pendirinya yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak. Saat pertama sekali mendirikan Apple Computer Co pada tahun 1976, Steb Job baru berusia 21 tahun, sementara Steve Zozniak berumur 26 tahun.

Kantor Apple Computer Co sendiri saat itu berada di garasi milik keluarga Jobs. Adapun produk yang mereka buat adalah komputer pribadi yang diberi nama Apple I.

Pada tahun berikutnya, yaitu 1977, Jobs dan Wozniak kembali memperkenalkan produk Apple terbaru, yaitu disebut sebagai Apple II. Dengan kehadiran Apple II membuat nama Jobs dan Wozniak semakin melambung didunia industri komputer pribadi, sebab produk tersebut menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga.

Meski Steve Jobs adalah seorang penemu Apple, namun bukan tidak pernah dia keluar dari perusahaan Apple. John Sculley yang digaet oleh Jobs sendiri dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer pada tahun 1983, kemudian memberhentikan Jobs di tahun 1985 dan mengusirnya dari Apple.

Setelah lebih 10 tahun hengkang dari Apple, pada tahun 1996, Jobs kembali keperusahaan yang semula dia dirikan. Pada tahun berikutnya, yaitu 1997, Jobs kembali memimpin Apple untuk mengisi kepergian Gil Amelio.

Saat ini produk Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone, serta yang terbaru adalah komputer tablet yang diberi nama iPad. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online.
Berikut ini adalah contoh iPod dan iPhone, untuk melihat info lebih lanjut silahkan click icons di bawah ini. 




Last Updated on Monday, 30 May 2011 16:06

komputer kuantum mendekati kenyataan

Komputer Kuantum Selangkah Mendekati Kenyataan Berkat Temuan Terbaru

Suka dengan artikel ini?

Selasa, 9 November 2010 - Mereka menggunakan sistem kode 'error-correcting', dengan melihat konteks dari qubit yang masih tersisa untuk menguraikan informasi yang kurang benar.

Komputer kuantum semestinya lebih mudah dibangun dari perkiraan sebelumnya, karena masih bisa bekerja dengan sejumlah besar komponen yang rusak atau yang bahkan hilang, demikian menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Physical Review Letters.
Penemuan yang mengejutkan ini membawa ilmuwan selangkah lebih dekat untuk merancang dan membangun sistem komputasi kuantum yang sesungguhnya – perangkat yang bisa berpotensi sangat besar di berbagai bidang, dari desain obat, elektronik, dan bahkan pemecah kode.
Para ilmuwan telah lama tertarik untuk membangun komputer yang bekerja pada tingkat kuantum – begitu kecil, bagian-bagiannya hanya terbuat dari atom tunggal atau elektron. Alih-alih ‘bit’, blok bangunan yang biasanya digunakan untuk menyimpan informasi elektronik, sistem kuantum yang menggunakan bit kuantum atau ‘qubit’ terdiri dari suatu susunan atom beterkaitan.
Bahan-bahannya berperilaku sangat berbeda pada skala kecil dibandingkan dengan apa yang kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari – partikel kuantum, misalnya, bisa berada di dua tempat pada saat yang sama. “Komputer kuantum dapat memanfaatkan keanehan ini untuk melakukan perhitungan kuat, dan dalam teori, mereka bisa dirancang untuk memecahkan enkripsi kunci publik atau mensimulasikan sistem yang kompleks lebih cepat daripada komputer konvensional,” kata Dr Sean Barrett, penulis utama penelitian, Royal Society University Research Fellow di Departemen Fisika di Imperial College London.
Bagaimanapun juga, mesin-mesinnya dikenal sangat sulit untuk dibangun, dan dianggap sangat rentan terhadap kesalahan. Meskipun sering diperbincangankan dalam 20 tahun terakhir, komputer kuantum yang berguna tetap sulit dipahami.
Barrett beserta rekannya, Dr Thomas Stace, dari Universitas Queensland di Brisbane, Australia, kini telah menemukan cara untuk mengoreksi semacam kesalahan tertentu, di mana qubit-qubit sama sekali hilang dari komputer. Mereka menggunakan sistem kode ‘error-correcting’, dengan melihat konteks yang diberikan oleh qubit yang masih tersisa untuk menguraikan informasi yang kurang benar.
“Sama halnya seperti Anda seringkali dapat memberitahu kata apa yang diucapkan ketika ada beberapa huruf yang hilang, atau Anda bisa mendapatkan intisari dari percakapan pada saluran telepon yang terhubung buruk, kami menggunakan ide ini dalam desain kami untuk komputer kuantum,” kata dr Barrett. Mereka menemukan bahwa komputer memiliki ambang lebih tinggi untuk kesalahan daripada yang diperkirakan sebelumnya – hingga seperempat qubit bisa hilang – tetapi komputer masih dapat dibuat untuk bekerja. “Ini mengejutkan, karena Anda tidak akan berharap seandainya Anda kehilangan seperempat dari manik-manik dari sempoa yang masih akan berguna,” tambahnya.
Temuan ini menunjukkan bahwa komputer kuantum mungkin jauh lebih mudah dibangun dari perkiraan sebelumnya, tetapi sebagai hasilnya masih didasarkan pada perhitungan teoritis, langkah berikutnya adalah menunjukkan ide-ide ini di laboratorium. Para ilmuwan perlu merancang cara untuk menskalakan komputer ke jumlah qubit yang cukup besar dan masih layak, kata Barrett. Saat ini kuantum komputer terbesar yang telah dibangun para ilmuwan terbatas hanya pada dua atau tiga qubit.
“Masih beberapa yang belum diketahui dari potensi sebuah komputer kuantum yang sesungguhnya,” kata Barrett. “Pada saat ini komputer kuantum adalah baik pada tugas-tugas tertentu, tapi kami tidak tahu apakah sistem ini dapat digunakan di masa mendatang,” katanya.”Mereka belum tentu lebih baik untuk semuanya, tapi kita tidak tahu. Mereka mungkin lebih baik untuk hal-hal yang sangat spesifik yang tidak mungkin kita temukan saat ini.”

Penemuan terbaru layar monitor sentuh

Penemuan Baru Layar Sentuh Dengan Bahan Karbon



Penemuan Baru Layar Sentuh Dengan Bahan Karbon - Kemajuan teknologi sangat berkembang pesat. Perusahaan dan produk-produk teknologi juga semakin bertambah. Hal tersebut mengakibatkan harga barang-barang elektronik menjadi lebih murah. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi komponen layar sentuh yaitu indium. Indium sangat langka dan tentu saja tidak murah. Produk-produk yang menggunakan touch screen saat ini juga sedang menjamur mulai dari ponsel sampai tablet PC. Hal tersebut membuat beberapa ilmuwan di Fraunhofer Gesellschaft, sebuah perusahaan energi Jerman, menciptakan layar/display alternatif yang terbuat dari material mentah dan murah yang dapat ditemukan di seluruh dunia.
Penemuan itu berupa layar sentuh mengandung nanotube karbon. Mereka akan memamerkannya di pameran teknologi nano 2011 di Tokyo dari 16-18 Februari. Komponen utama dari layar sentuh tersebut adalah nanotube karbon dan polimer murah. Elektroda baru ini terdiri atas dua lapisan. Satu adalah pembawa, lembaran tipis yang terbuat dari polyethylenterephthalate (PET), yang biasa dipakai untuk membuat botol plastik. Kemudian campuran nanotube karbon dan polimer penghantar listrik ditambahkan dan diaplikasikan pada PET sebagai larutan dan membentuk lapisan film tipis ketika kering. Dengan penemuan ini diharapkan layar sentuh tidak lagi tergantung pada bahan yang langka sehingga bisa diproduksi dengan lebih murah lagi.

riset penemuan terbaru hci

Riset atau Penemuan Terbaru di Bidang HCI


Masa depan manusia dan mesin
Pada tahun 2020 istilah ‘antarmuka’ (interface) dan ‘pengguna’ (user) akan hilang di saat komputer akan bergabung lebih erat dengan manusia. Ini adalah salah satu perkiraan yang disebut dalam laporan yang disusun dengan bantuan Microsoft berdasarkan pembahasan 45 akademisi dari berbagai bidang ilmu komputer, sosial, sosiologi dan psikologi.
Laporan tersebut memperkirakan perubahan mendasar dalam bidang yang disebut Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction atau HCI).
Maka ditahun 2020 kegiatan manusia akan semakin menyatu dengan mesin, kata laporan itu. Komputer akan dapat mengantisipasi apa yang diinginkan manusia, yang akan membutuhkan panduan baru untuk mengatur hubungan manusia dengan mesin.
Salah satu rekomendasi bagi arah Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction) di masa depan, laporan itu mengusulkan dibutuhkan keterlibatan lebih besar dengan pemerintah dan para pembuat kebijakan.
Sejak adanya temuan-temuan yang dilakukan oleh para peneliti HCI tentang fungsionalitas sistem, yakni “apa yang diketahui oleh pemakai tentang sistem perangkat lunak komputer” dan usability sistem, yakni “apa yang harus dilakukan oleh pemakaiterhadap sistem ” mendorong perkembangan riset dalam HCI tersebut.
Riset yang dilakukan pada akhir-akhir ini mulai berfokus kepada jenis-jenispengetahuan pemakai ketika ia menggunakan sistem komputer. Konsep model mental terhadap sistem adalah topik utamanya. Studi representasi pengetahuan yang berbasis komputer ini menghasilkan keuntungan-keuntungan antara lain studi ini bisa menggali basis perilaku teoritis, seperti perilaku khusus pemakai terhadap tugasnya. Studi jenis ini juga berkaitan dengan representasi mental.
Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dlsb.
Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga.
Sedangkan utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Perpustakaan digital
Terkoneksi secara total bisa menjadi tidak berarti jika semua yang didapatkan oleh Wikimuers di internet adalah foto-foto panas artis Ayu Azhari. Tetapi digitalisasi semua pekerjaan manusia yang terakumulasi sudah diproses dengan cepat sekarang ini. Semua jalur MIT sekarang sudah online dan jika anda belum pernah melakukannya, lakukan cek di Google Book Search.
Akan tiba suatu masa bagi kita ketika setiap pertanyaan yang faktual akan dapat langsung dijawab dengan segera, secara online. Tetapi sayangnya, pertanyaan-pertanyaan anda di internet biasanya selalu yang gampang-gampang saja, jadi tidak sebanding dengan kecanggihannya.
Alat cetak desktop 3 dimensi
Daripada Anda harus ke toko untuk membeli perkakas yang dibutuhkan, lebih baik Anda men-download sebuah rancangan perkakas pilihan kita lalu mewujudkannya di dalam sebuah alat cetak desktop 3 dimensi. Langkah selanjutnya adalah anda mendisain sendiri perkakas-perkakas, mempost
ing desain-desain tersebut, menjualnya dan seterusnya. Usaha rumah tangga dalam bidang pembuatan mainan anak-anak, peralatan dapur, dan barang kerajinan penghias rumah, yang sering dianggap remeh, sekarang akan menjadi raja!
Pengembangan secara luas internet nirkabel





Internet Nirkabel WiMAX





Internet Nirkabel 3G
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access=Jaringan mendunia dengan kemampuan bertukar informasi secara cepat dan baik dengan akses gelombang mikro ), 3G (3 rd Generation), 4G (4 th Generation) dll., adalah teknologi yang mengacu pada suatu sistem internet nirkabel yang menyebar, semua menjadi terhubung secara online ke mana-mana, sepanjang waktu, dan berkesinambungan. Hal tersebut menyiratkan kemungkinan adanya hubungan atau koneksi secara penuh antara dua alat secara acak. Anda ingin memeriksa atau mematikan alarm di pintu rumah dari telepon genggam? Itu akan menjadi gampang. Lebih mudah dari pada melepaskan colokannya secara konvesional.

Sumber: http://yudimarta.wordpress.com/tugas-tugas-campuz/riset-atau-penemuan-terbaru-di-bidang-hci/